Total Tayangan Halaman

Senin, 27 Juni 2011

TAHAP PELAKSANAAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY

Adapun lima tahap pelaksanaan  Corporate Social Responsibility menurut Simon Zadek (Ancok, 2005) yang harus dilakukan perusahaan yang ingin sustainable (berkelanjutan), antara lain :
  1.  Defensive: Perusahaan bersikap reaktif. Mereka merespon kritik dari luar termasuk stakeholders seperti pelanggan, karyawan, dan investor dengan cara menolak dan bersikap menyangkal.
  2. Compliance: Perusahaan mematuhi peraturan yang ada, namun sebatas mematuhi. Tujuan utamanya adalah memproteksi reputasi dan menghindari kritik dari eksternal.
  3.  Managerial: Menyadari bahwa dalam jangka panjang perusahaan tak cukup hanya patuh atau mengandalkan kehumasan yang baik, maka perusahaan memberikan kewenangan bagi para manajernya untuk mengelola CSR, mulai dari persoalan-persoalan yang muncul berikut solusinya.
  4.  Strategic: Perusahaan sudah menyelaraskan praktik CSR dengan kompetisi bisnis dan berupaya menjadikan CSR sebagai keunggulan kompetitif yang akan berkontribusi pada kesuksesan dalam jangka panjang.
  5. Civil: Perusahaan berupaya keras untuk mempromosikan dan menyerukan praktik-praktik bisnis yang bertanggungjawab, sebagai kehirauan bersama

Tahap-tahap yang diutarakan oleh Zadek, yang berlaku secara berurutan itu tidak mudah bagi perusahaan dan membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Namun, bukan berarti perusahaan mesti berhenti hanya pada fase pertama dan kedua. setidaknya fase strategis harus menjadi tujuan karena CSR bisa menjadi keunggulan kompetitif di pentas global 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar