Total Tayangan Laman

Selasa, 13 Desember 2011

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRESTASI BELAJAR


Beberapa faktor yang mempengaruhi prestasi belajar antara lain faktor yang terdapat dalam diri siswa (fektor intern) dan faktor yang terdiri dari luar siswa (faktor ekstern).
1. Faktor Intern
Faktor intern adalah faktor yang timbul dari dalam diri individu itu sendiri, adapun yang dapat digolongkan dalam faktor intern yaitu:
a.  Kecerdasan (intelegensi)
Kecerdasan adalah kemampuan belajar disertai kecakapan untuk menyesuaikan diri dengan keadaan yang dihadapi.
b.  Bakat
Bakat adalah kemampuan tertentu yang telah dimiliki oleh seseorang sebagai kecakapan pembawaan.
c.  Minat
Minat adalah kecenderungan yang tetap untuk memperhatikan dan mengenai beberapa kegiatan.
d.  Motivasi
Motivasi dalam belajar adalah merupakan keadaan yang mendorong keadaan siswa untuk melakukan belajar.
2.  Faktor Ekstern
Faktor ekstern adalah faktor-faktor yang mempengaruhi belajar yang sifatnya di luar diri siswa. Adapun faktor ekstern yang mempengaruhi  prestasi belajar adalah sebagai berikut:
a.  Keluarga
Keluarga merupakan lingkungan terkecil dalam masyarakat. Keluarga merupakan lingkungan pendididkan yang peetama, karena dalam keluarga inilah anak pertama-tama mendapatkan pendidikan dan bimbingan, sedangkan tugas utama dalam keluarga bagi pendidikan anak ialah sebagai peletak dasar bagi pendidikan akhlak dan pandangan hidup keagamaan (Hasbullah, 1994).
b.  Sekolah
Sekolah merupakan lembaga pendidikan formal pertama yang sangat penting dalam menentukan keberhasilan belajar siswa. Oleh karena itu, lingkungan sekolah yang baik mendorong untuk belajar yang lebih giat.
c.  Masyarakat
Faktor masyarakat merupakan faktor yang ada di masyarakat seperti budaya, nilai-nilai masyarakat yang juga berpengaruh terhadap belajar siswa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar