Poerwanto (1986) mengatakan bahwa prestasi belajar adalah hasil yang dicapai oleh seseorang dalam
usaha belajar sebagaimana yang dinyatakan dalam rapor.
Muhibbin Syah (1997) mengatakan bahwa prestasi belajar merupakan
taraf keberhasilan murid atau santri dalam mempelajari materi pelajaran di sekolah
atau pondok pesantren, dinyatakan dalam bentuk skor yang diperoleh dari hasil
tes mengenai sejumlah materi pelajaran tertentu.
Abdurrachman Saleh (1981 : 92) mengatakan bahwa prestasi belajar adalah
hasil yang dicapai siswa dari mempelajari tingkat penguasaan ilmu pengetahuan
tertentu dengan alat ukur berupa evaluasi yang dinyatakan dalam bentuk angkah huruf
atau kata atau symbol.
Winkel (1996) mengatakan bahwa prestasi belajar merupakan suatu
bukti keberhasilan belajar atau kemampuan seorang siswa dalam
melakukan kegiatan belajar sesuai dengan bobot yang dicapai.
S. Nasution (1996) mengatakan bahwa prestasi belajar juga dapat
diartikan sebagai kesempurnaan yang dicapai seseorang dalam berfikir, merasa
dan berbuat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar